Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas untuk Pembuatan Produk Nata De Pina Menggunakan Metode Eksperimen Taguchi


Pendahuluan

                Peningkatan permintaan nanas, baik Penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa pihak dengan memanfaatkan limbah nanas mampu menghasilkan produk yang bernilai manfaat tinggi. Namun, apakah produk tersebut telah sesuai dengan harapan konsumen sehingga dapat dipasarkan dengan baik.Produk nata de pina yang dihasilkan dari nanas masih belum dikenal baik oleh masyarakat bila dibandingkan dengan produk nata de coco (kelapa) maupun nata de oliovera (lidah  buaya). Perumusan Masalah Masyarakat telah memahami bahwa limbah nanas yang mencemari lingkungan sebenarnya dapat dimanfaatkan dan memberi nilai tambah lebih besar dalam bentuk nata de pina , namun produk nata de pina belum diterima masyarakat secara baik. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian untuk mendesain produk
nata de pina agar diterima oleh konsumen dengan menggunakan metode eksperimen Taguchi. Tujuan dan Urgensi  Penelitian. Penelitian ini memiliki tujuan adalah sebagai berikut:
1. Membuat produk nata de pina dari limbah nanas yang mampu memenuhi harapan konsumen
2. Mengurangi limbah nanas yang dapat mencemari lingkungan sekaligus mampu memberdayakan petani nanas.
3. Memberikan penguatan terhadap pusat studi lingkungan.
Sedangkan urgensi dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Mengurangi pencemaran lingkungan yang terjadi karena limbah nanas dan menjadi wujud peran aktif bagi civitas  akademika UIN Suska Riau dalam program go green.
2. Memberikan nilai tambah bagi petani sehingga meningkatkan kesejahteraan petani. Sekaligus menjadi bentuk nyata  peran aktif UIN Suska Riau terhadap masyarakat dilingkungannya.
Tinjauan Pustaka
               Nanas memiliki nama latin Ananas Cosmosus dan termasuk dalam devisi Spermatophyla, sub devisi  Angiospermae, kelas Monocotyledonae.Tanaman nanas memiliki ciri-ciri sebagai tanamantahunan dengan tinggi antara 50 – 150 cm dengan bunga majemuk dan memiliki beberapa kandungan kimia, diantaranya mengandung saponin, tlavonoida
dan polifenol. Masyarakat mengenal nanas sebagai Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas untuk Pembuatan Produk Nata De Pina Menggunakan Metode Eksperimen Taguchi.
Link Download : Klik Download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s