RICE BRAN : (DEDAK / BEKATUL)


RICE BRAN : (DEDAK / BEKATUL)..?????

——————————————————————-

BAGIAN PADI

 

Pengertian dedak dan bekatul Menurut FAO (Bahan pangan dunia )

  • Dedak merupakan hasil sampingan dari proses penggilingan padi yang terdiri atas lapisan sebelah luar butiran beras (perikarp dan tegmen) dan sejumlah lembaga beras.
  • Bekatul merupakan lapisan sebelah dalam butiran beras (lapisan aleuron / kulit ari) dan sebagian kecil endosperma berpati.
  • dalam proses penggilingan padi, dedak dihasilkan pada proses penyosohan pertama, sedangkan bekatul, pada proses penyosohan kedua.

Pada proses penyosohan beras dihasilkan dua macam limbah, yaitu dedak (rice bran) dan bekatul (rice polish). (Prof.Dr.Made Astawan, Ahli teknologi pangan, pengisi rubrik di tabloid gaya hidup sehat) sumber : Kompas.

 

 

 

Rice bran

jika dilihat dari gambar di atas,, bagian rice bran itu terletak setelah white rice, bagian rice bran ini jika di bandingkan dengan gambar pertama diatas, terdiri atas lapisan aleuron / kulit ari. berikut gambar jelas dari komponen padi :

 

gambar 3

 

Kesimpulan sementara menurut ku,, berdasarkan keterangan gambar diatas,, rice bran itu bekatul),, tpi bagimna dengan pendapat Prof. Dr.Made yang mengatakan bhawa rice bran itu dedak???? heummmm,, itu yg masih rara pikirkan sampai sekarang……..

Satu pemikiran pada “RICE BRAN : (DEDAK / BEKATUL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s