Otak


Bab 1
Pendahuluan

Beruntunglah Manusia yang diciptakan Allah dengan segala kesempurnaan, diberi pancaindra, Hati. Untuk bersyukur, dan akal untuk berfikir, mencari rahasia alam, mengolahnya. Allah menciptakan manusia dari tidak tahu apa-apa menjadi tahu, dengan belajar, otak berkembang dengan berjalannya waktu. Dengan otak manusia berfikir, mempergunakan seluruh pancaindranya dalam menangkap kebesaran dan ilmu Allah.

(S.16:78),“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”,.
Akal yang diciptakan Allah untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Tampa berfikir dan mempergunakan akalnya dan hatinya manusia tidak akan berkembang sesuai dengan fitrahnya.

(S.13:3) “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan
Manusia seperti disebutkan dalam Al-Quran, diberikan kesempurnaan rupa, akal, pancaindra, hati. Untuk menjadi Khalifah dimuka bumi ini manusia harus cerdas , tidak hanya cerdas otaknya saja , tapi juga cerdas emosi dan spiritualnya.
Zohar dan Marshall menjelaskan tentang kecerdasan sebagai berikut ini bahwa: Kecerdasan intelektual (IQ) ada di korteks serebrum atau otak besar. Kecerdasan emosional (EQ) ada di sistem limbik atau otak dalam, yang terdiri dari thalamus, hypotalamus dan hippocampus. Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) ada di frontal lobus
Secara Medis Otak manusia, adalah organ yang unik dan dasyat, tempat diaturnya proses berfikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan kepribadian, secara garis besar, otak terbagi dalam 3 bagian, yaitu neocortek atau cortex cerebri , system limbik dan batang otak, yang berkerja secara simbiosis. Bila neocortex berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa, maka sistek limbic berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional, dan batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik, Ketiganya bekerja bersama saling mendukung dalam waktu yang bersamaan , tapi juga dapat bekerja secara terpisah.
Kerusakan sedikit saja pada otak akan membawa dampak yang luar biasa pada seseorang . seperti operasi otak, akibat stroke, pasien yang pernah mengalami stroke, setelah sembuh banyak yang mengalami perubahan kepribadian.
Otak yang pernah mengalami perdarahan, trauma, misalnya seperti akibat stroke ataupun operasi contohnya pada otak depan atau frontal bagian ventromedial akan timbul gejala si pasien akan kehilangan moral, tatakrama, tidak bisa memdudukan diri pada posisi semestinya. Seorang laki-laki bernama Gage usia 25 tahun bekerja di Burlington New England mengalami kecelakaaan kerja, ketika sebuah besi baja menembus kepalanya dan merusak frefrontal otak, ia lolos dari maut setelah operasi tapi setelah sembuh malah menjadi orang baru , dari yang ramah , tidak mudah marah, disiplin menjadi orang yang kasar, mudah tersinggung, tidak disiplin, Gage berubah menjadi orang yang asing, yang kehilangan aspek moralitas.
Bagian limbik yang menjadi pusat emosi yang berada di amygdala dan hippocampus berfungsi mengatur emosi manusia dan memori emosi, menunjukan seorang penderita epilepsi yang mendapat terapi operasi otak dengan diangkatnya amigdala dan hypocampus memperlihatkan gejala hiperseks dan rakus setelah operasi.
Menurut seorang ahli bedah otak dari Amerika bernama Vilyanur Ramachandran bahwa ada “God Spot “ di lobus temporalis. Orang yang mengaku ateis secara lisan , hati kecilnya pasti akan mengakui bahwa ada Tuhan yang mungkin tidak dikenalnya tapi dia rasakan, karena memang adanya Got spot di bagian temporal manusia menunjukan bahwa Tuhan sebenarnya telah memperkenalkan dirinya pada manusia, tapi kadang manusia lalai dan tidak mau mengakui keberadaannya.
Otak manusia mempunyai berat 2% dari berat badan orang dewasa (3 pon) , menerima 20 % curah jantung dan memerlukan 20% pemakaian oksigen tubuh dan sekitar 400 kilokalori energi setiap harinya. Otak merupakan jaringan yang paling banyak memakai energi dalam seluruh tubuh manusia dan terutama berasal dari proses metabolisme oksidasi glukosa. Jaringan otak sangat rentan terhadap perubahan oksigen dan glukosa darah, aliran darah berhenti 10 detik saja sudah dapat menghilangkan kesadaran manusia. Berhenti dalam beberapa menit , merusak permanen otak. Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan juga merusak jaringan otak.
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melingungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensial aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang di kenal sebagi sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vetebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milliar neuron.
Manusia pun diberi akal untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia

Bab II
Otak Dan Fungsinya
A.Lima Pembagian utama Otak Manusia Secara Anatomi

1. Telensefalon (endbrain)
Hemisferum serebri
Korteks serebri
Rhinensefalon (sistem limbik)
Basal Ganglia
Nukleus Kaudatus
Nukleus lentikularis
Klaustrum
Amigdala
2. Diensefalon (interbrain)
Epitalamus
Talamus
Subtalamus
Hipotalamus
3. Mesensefalon (midbrain)
Korpora quadrigemina
Kolikulus superior
Kolikulus inferior
Tegmentum
Nukleus ruber
Substantia nigra
Pedunkulus serebri
4. Metensefalon (afterbrain)
Pons
Serebelum
5. Mienlesefalon (marrow brain)
Medula Oblongata

Ketika lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel otak yang aktif dan 900 miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai cabang hinggá 10.000 cabang dendrit yang dapat membangun sejumlah satu kuadrilion (angka 1 diikuti dengan 15 angka nol) koneksi. komunikasi.perkembangan otak pada minggu-minggu pertama lahir diproduksi 250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang dengan terjadinya koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin berkembanglah kecerdasan anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di stimulasi, tampa stimulasi yang baik , potensi ini akan tersia-siakan.

Human Brain
Weighing about of 1.3 kg (3 lb) and containing 100 billion neurons, the human brain is a marvel of evolution. Complex interactions between neurons produce psychological processes, including learning, memory, emotion, thinking, and perception.
Oxford Scientific Films/London Scientific Films
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.

B. Fungsi Otak kanan dan kiri

                Roger Sperry ahli syaraf yang mendapat nobel tahun 1982, menyatakan bahwa didalam di kepala manusia ini ada 2 otak yang dibagi dalam 2 bagian yaitu otak kiri dan kanan sehingga ada 2 pikiran yaitu pikiran rasional dan intuitif.
Ada 8 kecerdasan yang kita kenal sampai saat ini seperti kecerdasan verbal, kecerdasan intrapersonal , kecerdasan kinestetik, naturalis, dan lain-lain. Pada dasarnya setiap orang berpotensi mempunyai beberapa jenis kecerdasan.
Orang yang dominan otak kanannya cenderung berprofesi sebagai pelukis, seniman, penyanyi, pemain musik.
Seorang genius seperti Eisteins selain memiliki kecerdasan matemátika, iapun mempunyai kecerdasan musik, spasial. Habibie mantan menteri reset dan tehnologi dan mantan presiden Republik Indonesia kita, mempunyai kecerdasan matemátika, musik dan mempunyai hobi fotografer yang juga berapresiasi seni yang tinggi.

Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal, menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfikir otak kanan lebih bersifat acak, tidak teratur,intuitif, holistik, bersifat non verbal, kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan warna, kreativitas, visualisasi. (Bobbi De Potter,1999, 37 – 38)
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil (Bobbi De Potter, 1999, 38)
                Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap 1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2 komponen utama , korteks otak yang menata fungís-fungsi kognitif, serta limbik sistem yang menata fungsi emosi.

 

KESIMPULAN
Otak adalah organ unik manusia yang sangat penting untuk mengatur proses berpikir, kesadaran, memori, emosi, kepribadian. Secara garis besar terdiri atas, korteks cerebri, batang otak dan sistem limbik. Korteks cerebri berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa. Sistek limbik berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional. Batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik.
Otak manusia yang terbagi kanan kiri mempunyai fungsi berbeda, otak kiri berfungsi untuk berfikir secara rasional , berkaitan dengan matematika, berbahasa, menganalisa, kontrol tangan kanan. Otak kanan berkaitan dengan berfikir intuitif, seni, estetika, musik, kontrol tangan kiri. Orang yang kidal mempunyai dominasi terhadap otak kanan.
Otak harus dioptimalisasi kerjanya, dengan latihan keseimbangan otak kanan dan kiri , kita dapat melakukan latihan otak seperti : : latihan asosiasi persamaa, latihan Asosiasi perbedaan, daya Ingat, kecerdasan musikal, keseimbangan otak kiri dan kanan, koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Inter dan Intra personal, asosiasi persamaan’dan seterusnya berulang seperti diatas.

 

DAFTAR PUSTAKA
http://www.thesecret.com
www. wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia
Price, Wilson ,Anatomi dan Fisiologi System Saraf , Penerbit EGC, Jakarta 2006

Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation.

Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, Quantum Learning.Kaifa, 2005

TIM POWER BRAIN INDONESIA, Latihan Otak.Nuansa, 2005

Taufik Pasiak, Manajemen Kecerdasan , memberdayakan IQ,EQ, dan SQ Untuk

Kesuksesan Hidup, Mizan, 2006

Daniel Goleman, Emotional Intelligence, Alih Bahasa T. Hermaya, Penerbit Gramedia
Jakarta, 1997
Armahendi Mahzar, Kecerdasan Spiritual Danah Zohar, Sebuah Telaah Kritis tentang SQ, Journal of Psyche, Desember 2002, Paramartha
Frager R (Syekh Ragib al-Jerahi Hati Diri dan Jiwa , Psikologi Sufi untuk Transformasi,
(Heart, sefl, & Soul) Penerjemah Hasmiyah Rauf, Penerbit Serambi, Jakarta,
2003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s